Penting Mempersiapkan Fisik Anak Sebelum Mereka Masuk Sekolah

Jum'at, 13 September 2019 - 09:51 WIB
Penting Mempersiapkan Fisik Anak Sebelum Mereka Masuk Sekolah
Penting Mempersiapkan Fisik Anak Sebelum Mereka Masuk Sekolah
A A A
USIA sekolah merupakan tahap perkembangan baru bagi seorang anak. Saat memasuki sekolah dasar, ada banyak hal yang berubah dalam kehidupannya, mulai dari waktu sekolah yang teratur dan semakin panjang, mata pelajaran yang semakin padat, dan pengaruh sosial lingkungan yang meningkat.

Sebagai mitra tepercaya orang tua Indonesia, Nestle DANCOW FortiGro kembali menghadirkan kegiatan DANCOW Siap Sekolah yang ditujukan untuk membantu para orang tua dalam menyiapkan anak ketika memasuki sekolah. Melalui seminar bertema “Semangat Meraih Prestasi”, Nestle DANCOW FortiGro mengajak para orang tua menyiapkan anak secara fisik dan semangatnya agar anak siap sekolah.

Pakar gizi Wahyu Kurnia Yusrin Putra SKm MKM menyebutkan, mempersiapkan fisik anak artinya memberikan asupan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan anak. Asupan gizi yang dibutuhkan agar anak sehat dan kuat untuk siap sekolah mencakup karbohidrat, protein, sayur, buah, vitamin, serta mineral yang penting bagi tumbuh kembang anak yang optimal.

“Selain itu, diperlukan juga pola makan yang teratur dengan porsi yang seimbang dan ditambah susu sebagai sumber protein berkualitas untuk melengkapi kebutuhan gizi anak,” ujar Wahyu. Psikolog Alfath Hanifah Megawati SPsi MPsi menuturkan bahwa anak yang bersemangat adalah anak yang terlibat sepenuhnya dalam aktivitas yang ia lakukan, baik secara fisik maupun mental.

Ciri-ciri anak yang bersemangat antara lain memiliki pola pikir yang berkembang, menyukai tantangan, dan tidak mudah menyerah. “Manfaat sekolah bisa diperoleh apabila anak memiliki semangat, dan semangat dapat muncul apabila anak memiliki orang tua yang mendukung, berada dalam lingkungan sekolah yang nyaman, dan sehat secara fisik dan mental,” papar Alfath.

Menurutnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mendorong semangat anak, seperti mengajak anak berbagi cerita, memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih kegiatan yang disukainya, mengajak belajar sambil bermain, dan me rayakan setiap keberhasilan. “Masing-masing anak memiliki keunikan sendiri. Karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui berbagai pendekatan yang dapat meningkatkan semangat anak,” ujar Alfath.

Business Executive Officer Dairy Nestle Indonesia Windy Cahyaning Wulan menambahkan, kegiatan DANCOW Siap Sekolah adalah salah satu wujud komitmen Nestle DANCOW FortiGro untuk mendukung anak Indonesia untuk menjadi sehat dan cerdas dengan mengedukasi orang tua agar dapat memberikan dukungan penuh untuk si buah hati siap sekolah dan meraih prestasi.

“DANCOW Siap Sekolah telah diselenggarakan sejak tahun 2016, dan telah mengedukasi 380.000 ibu di 3.300 sekolah dan permukiman, serta menjangkau hingga 100 kota dan kabupaten di Indonesia. Rangkaian acara ini dimulai dari mengunjungi sekolahsekolah dan lingkungan permukiman di seluruh Indonesia, dan puncak acara akan diselenggarakan di empat kota, yaitu Tangerang, Palembang, Manado, dan Malang,” imbuh Windy.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6143 seconds (0.1#10.140)